Perayaan 1 Suro di Yogyakarta

Di penghujung tahun 2008 ini, terdapat libur panjang, yaitu libur Natal dan tahun Baru dan libur 1 Muharam. Liburan panjang kurang lebih 11 hari, saya sempatkan untuk pulang kampung ke Ngayojokarto Hadiningrat.

Sering sekali saya mendengar jika malam 1 suro di Yogyakarta pasti ada ritual topo bisu mubeng beteng, tapi walaupun saya orang Yogya saya belum pernah melihat dan bahkan mengikuti tapa bisu mubeng beteng. Dan baru sekali ini saya menyaksikan tapa bisu, saya tidak mengikuti tapa bisu mubeng beteng, tapi saya mengikuti dengan menggunakan mobil, hehehehe.

Di depan Tugu Yogyakarta, diadakan upacara ritual dengan menyembelih kebo (kerbau) bule, kemudian dilanjutkan dengan ritual topo bisu Mubeng Beteng yang diikuti oleh ribuan warga masyarakat, khususnya masyarakat Yogyakarta. Ritul topo bisu ini dilepas oleh kerabat Kraton Yogyakarta, GBPH Joyo Kusumo dari Keben Kraton Yogyakarta.

dsc_0032

Kawanan kebo bule yang dipakai dalam kirab

dsc_0048

Gunungan dari hasil bumi


Selanjutnya mereka berjalan kaki ke alun-alun utara dan menuju ke arah barat melalui daerah Ngabean dan kemudian ke selatan menuju ke `pojok beteng kulon` (benteng sisi barat) dan berjalan ke timur menuju `pojok beteng wetan` (timur).
Selama berjalan kaki, peserta tidak mengeluarkan sepatah katapun dan hanya diam dengan tatapan mata lurus ke depan.

dsc_0150

Mejeng di depan Tugu Jogja

dsc_0039

Prajurit Lombok Abang

dsc_0119

Mbok tua dan sesajen


One thought on “Perayaan 1 Suro di Yogyakarta

  1. Sebenarnya prosesi menyembelih kebo bule di Tugu masih belum pasti apakah bener2 disembelih atau cuma simbolis aja (tidak disembelih). Hal ini dikarenakan pada waktu pelaksanaan sangat padat penonton sehingga tidak bisa melihat langsung proses penyembelihannya. Tapi kalau menurut aku, kemungkinan besar cuma simbolis saja. Karena begitu acara selesai tidak ada bekas darah kerbau di lokasi penyembelihan. Mungkin ada komentar dari pengunjung web lain?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s