Hari Ibu = Mothers day???

Setiap tanggal 22 Desember kita memperingati Hari Ibu. Berbagai kegiatan diadakan untuk memeriahkan perayaan hari Ibu. Ada yang mengadakan lomba masak, dan berkebaya de el el yang berhubungan dengan urusan ibu. Sepertinya sekarang pemaknaan peringatan Hari Ibu sudah cenderung berkiblat pada “mother day” yang dirayakan oleh Negara-negara barat. Peringatan hari Ibu diperingati untuk mengungkapkan rasa sayang dan terima kasih kepada para ibu, memuji ke-ibu-an para ibu. Kalau kita lihat dari sejarahnya sebanarnya makan hari Ibu berbeda dengan perayaan Mother’s day di Negara Barat. .
Jika dilihat dari sejarahnya, hari Ibu diawali dari bertemunya para pejuang wanita dengan mengadakan Kongres Perempuan pada tahun 1928. Pada tanggal 22 Desember 1928 organisasi-organisasi perempuan mengadakan kongres pertama di Yogyakarta dan membentuk Kongres Perempuan yang kini dikenal sebagai Kongres Wanita Indonesia (Kowani). Berbagai isu yang saat itu dipikirkan untuk digarap adalah persatuan perempuan Nusantara; pelibatan perempuan dalam perjuangan melawan kemerdekaan; pelibatan perempuan dalam berbagai aspek pembangunan bangsa; perdagangan anak-anak dan kaum perempuan; perbaikan gizi dan kesehatan bagi ibu dan balita; pernikahan usia dini bagi perempuan, dan sebagainya.
Sedangkan Mother’s day di sebagian negara Eropa dan Timur Tengah, yang mendapat pengaruh dari kebiasaan memuja Dewi Rhea, istri Dewa Kronus, dan ibu para dewa dalam sejarah Yunani kuno. Maka, di negara-negara tersebut, peringatan Mother’s Day jatuh pada bulan Maret. Di Amerika Serikat dan lebih dari 75 negara lain, seperti Australia, Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Malaysia, Singapura, Taiwan, dan Hongkong, peringatan Mother’s Day jatuh pada hari Minggu kedua bulan Mei karena pada tanggal itu pada tahun 1870 aktivis sosial Julia Ward Howe mencanangkan pentingnya perempuan bersatu melawan perang saudara. Idenya ini kemudian dikembangkan oleh Ann Jarvis, yang berkeinginan ada satu hari yang dinamakan Mother’s Work Day. Perayaan Mother’s day ini dimaksudkan untuk menghormati perempuan, dimana pada hari itu para ibu dibebaskan dari tugas sehari-harinya (tugas domestik) seperti mengasuh anak, memasak, mengatur rumah, dan sebagainya
Lalu apakah hari Ibu di Indonesia = Mother’s day di Negara-negara barat???

One thought on “Hari Ibu = Mothers day???

  1. kayaknya hari ibu di ind cm sekedar seremonial aja, tp gak bermakna apa2…
    kyknya biasa aja, ato mungkin karena kaum ibu tdk mau diistimewakan??? tmsk gw kali ye.. he2…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s