Ketep Pass

Welcome to Ketep Pass
Welcome to Ketep Pass

Liburan Natal, Tahun Baru dan 1 Muharram, Desember 2008 lalu saya manfaatkan untuk jalan-jalan. Mumpung liburan lama. Saya bersama suami berangkat jam 07.300 dari Yogya. Dari rumah mampir sebentar ke Monjali, walaupun Monjali dekat rumah tapi jarang saya ke Monjali. Setelah dari Monjali, kami langsung menuju Ketep. Perjalanan Yogya-Ketep kurang lebih 1 jam.
Seperti halnya Puncak, Ketep juga merupakan dataran tinggi dimana dari Ketep kita bisa melihat pemandangan Merapi dan sekitarnya. Ketep Pass terletak pada ketinggian 1200 meter di atas permukaan air laut. Luas areanya kurang lebih 8000 meter persegi. Dapat ditempuh dari Desa Blabak ke arah timur, 30 km dari Kota Magelang dan 35 km dari Kota Boyolali. Dari Kota Salatiga yang berjarak sekitar 32 km, dapat dicapai melalui Kopeng dan Desa Kaponan. Setelah memasuki desa Blabak, kita banyak melewati persawahan penduduk yang sejuk di pandang mata.
dsc_0392
Fasilitas yang tersedia di Ketep Pass adalah gardu pandang untuk menikmati pemandangan gunung Merapi dari kejauhan, museum, dan teater yang memutar film-film tentang letusan Gunung Merapi. Kemudian, terdapat juga beberapa orang yang menawarkan sewa alat teropong yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk mengamati puncak Merapi.
Dari Ketep Pas ini, Merapi terlihat begitu dekat dari jangkauan tangan, berdekatan dengan Merbabu. Keduanya serasa saling melengkapi dan menggambarkan adanya keseimbangan, dimana Merapi selalu meletup-letup dengan percikannya, sementara Merbabu tenang dan damai dengan rimbun hutannya. Selain itu, Sumbing, Sindoro dan Menoreh juga terlihat indah dari bukit Ketep ini, sementara di tengahnya terhampar lembah Magelang yang hijau dan ditandai dengan sebuah bukit kecil bernama Tidar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s