Facebook

Facebook Advertising


Sepertinya, sekarang masyarakat di dunia sedang “demam” Facebook, tak terkecuali Indonesia. Hampir semua kalangan mempunyai acoount ke dalam facebook. Tua, muda, anak sekolah, mahasiswa, orang kantoran, Boss, pengusaha dll. Facebook juga digunakan sebagai alat politik, sebagai alat untuk menjaring pelanggan, bahkan ada juga yang menggunakan Facebook sebagai ajang mencari jodoh. Haree gineee gak punya facebook, apa kata dunia??? Termasuk saya sendiri juga sedang “kecanduan” dunia facebook. Apa sih sebenarnya facebook itu??


Sejarah facebook
Facebook diluncurkan pada tanggal 4 Februari 2004 oleh Mark Zuckerberg (23), seorang programer komputer yang handal sebagai media untuk saling mengenal bagi para mahasiswa Harvard. Ia juga seorang mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah psikologi di Harvard.
Pada awalnya, “Facebook” bernama “The Facebook”, nama tersebut diambil dari nama lembaran dokumen yang dibagikan kepada setiap pelajar baru di harvard yang menampilkan profil murid dan karyawan. Dan dalam waktu 24 jam sejak peluncurannya, 1.200 pelajar Harvard langsung bergabung. Satu bulan kemudian, lebih dari separuh pelajar di sana sudah mendata profilenya.


Bulan berikutnya, jaringan tersebut kemudian dengan cepat meluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Standford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Dalam waktu kurun dari empat bulan, 30 kampus telah tergabung dalam jaringan tersebut.
Situs yang beralamat di thefacebook.com tersebut kemudian berubah nama menjadi facebook.com pada bulan Agustus 2005. Nama facebook.com tersebut dibeli dengan harga $200.000 ( Dua miliar rupiah, kalau dolar seharga Rp. 10.000,-) dari Aboutface Corporatio.
Pada September 2005, Facebook kemudian membuka jaringannya untuk para siswa SMU, jadi tidak hanya mahasiswa saja. Kemudian disusul untuk pekerja kantoran dan pada akhirnya bulan September 2006, Facebook membuka pendaftaran untuk siapa saja yang memiliki alamat email.
Pada bulan Juni 2007, Facebook telah memiliki anggota yang terdaftar sebanyak 52 juta pengguna. Kemudian, jumlah pengguna Facebook kian melonjak dengan memiliki 132 juta pengguna, dengan pertumbuhan mencapai 153 persen.

Yang membuat facebook menarik adalah facebook dapat mencarikan teman yang mirip dengan profile kita. Kadang teman-teman lama bisa muncul dalam halaman facebook tanpa perlu kita cari. Kelebihan Facebook dibandingkan dengan situs pertemanan lainnya adalah “Tag Photo”. Dengan fitur ini, maka saat foto bersama, sesama pengguna facebook bisa “tagging” atau menandai orang lain yang ada dalam foto tersebut, dan akan terkirim ke facebook orang yang di tag.
Facebook juga bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan lain dalam mengembangkan dan memperbanyak fitur-fitur di facebook. Tentunya kerjasama ini saling menguntungkan, perusahan-perusahaan tersebut akan juga dapat penghasilan tambahan. Dengan menggandeng raksasa komputer, Apple Inc., mempromosikan iTunes. Jadi setiap minggu, iTunes akan mengirimkan 25 contoh lagu secara gratis kepada pengguna Facebook yang menjadi anggota Apple Student Group.


Manfaat Facebook
Segi Positif
Kalau dilihat dari segi positifnya, Facebook dapat menemukan teman-teman kita, teman lama atau teman baru yang mempunyai profie hamper sama dengan kita, dapat menambah teman, sebagai alat untuk menjaring pelanggan, dan lain-lain. Tapi dibalik segi positif dari Facebook ada juga segi negatifnya.


Segi Negatif
Bisa saja Facebook digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab untuk menjatuhkan orang lain. Beda FB dengan FS, kalo di FS sebelum kita invite teman kita bisa tau profilenya sedangkan di FB kita baru tahu profile seseorang setelah kita jadi temannya. Kadang banyak orang yang sama nama, sehingga kita bingung untuk mencari teman lama kita. Bisa jadi kita salah menambahkan teman. Kadang juga banyak orang tidak tau arti facebook, asal bikin facebook karena gak mau dianggap gaptek.
Nah sekarang apa sih manfaat mempunyai facebook?? Semua tergantung dari kita masing-masing….

One thought on “Facebook

  1. tambahan..facebook juga bisa dibuat seperti friendster.. jaringan kita bisa melihat profile tanpa menjadi teman kita..

    tulisannya Ok…ayo semangat terus untuk menulis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s