Liburan ke Amerika (1)

Liburan ke Amerika?  Wow keren.. I don’t imagine it. Sesuatu yang tak pernah terduga saya bisa jalan-jalan ke Amerika. Saya bersama suami  pergi ke New York dan Chicago selama 7 hari. Kebetulan suami saya ada training di Chicago. Sebelum berangkat ke Amerika terlebih dahulu harus apply visa USA yang lumayan ribet.

Apply Visa Amerika

Visa USA dilakukan secara online dan kita harus mengisi form DS-156 (bisa di download di :

http://jakarta.usembassy.gov/bhs/konsuler/informasi_visa.html).

Ada 2 jenis Visa USA, yaitu untuk tujuan kunjungan singkat maupun bisnis (non Immigrant) dan ada juga Visa dengan tujuan bagi yang berminat imigrasi ke Amerika.  Setelah registrasi secara online (alamat web site), harus bayar ke Bank Permata atau Stanchart sebesar kurang lebih Rp. 1,2 juta. Setelah bayar ke bank dapat bukti pembayaran dan nomer registrasi di masukan ke aplikasi secara online untk mendapat jadwal wawancara. (khusus untuk pasport biru/dinas tidak ada wawancara). Setelah mengisi form lengkap, kita bisa milih jadwal wawancara. Halaman konfirmasi dengan bar code harus di cetak dan dibawa pada waktu wawancara. Semua pemohon visa non-imigran (NIV) harus mengajukan jadwal wawancara secara online. Untuk informasi lebih lanjut mengenai jenis-jenis visa non-imigran bisa dlihat di:

http://travel.state.gov/visa/temp/types/types_1286.html.

Wawancara dan sidik jari

Masuk ke Kedutaan Amerika sangat ketat dengan berbagai macam pemeriksaan. Setelah antri panjang dan dapat  nomer  dan menungu dipanggil untuk sidik jari dan wawancara. Panggilan sidik jari dan wawancara berdasarkan group. Wawacara hanya sekitar 3 menit, kita ditanya mengenai tujuan ke USA, pekerjaan, lama tinggal. Dokumen-dokumen pendukung seperti tiket pesawat,  hotel, itinerary, kartu keluarga, dll tidak ditanyakan. Dokumen-dokumen pendukung tersebut bukan jaminan visa kita di acc, ada juga yang sudah membawa tiket pesawatpun ditolak. Karena saya seorang official (tapi saya menggunakan passport hijau) ditanya masalah pekerjaan. Saya ditanya mengenai HAM di Indonesia. Gubrak!!! Kaya’ mau ujian tesis aja ni. Dan saya sempat berfikir kaya’nya gak lolos dapat visa.  Di Passport saya kebetulan sudah ada cap dari beberapa negara seperti Inggris, Singapore, LAO PDR, Thailand, Malaysia, Italy, Perancis dan India. Saya ditanya pernah ke India ngapain dan saya juga ditanya apakah pernah dapat undangan bisnis. Setelah wawancara, akirnya si bule kulit hitam bilang yes, you approved.  Proses visa sekitar 2 hari setelah wawancara dan visa berlaku selama 5 tahun.  Thanks God bisa melihat Amerika…

13 thoughts on “Liburan ke Amerika (1)

  1. sblm nya maaf yah mba, aku liat2 blog nya mba seneng soalnya jalan2 trs..
    wah bahagianya punya visa amerika, aku pingin banget bisa liburan ke US, tapi aku blm berani coba untuk apply visa, krn aku ga ada link disana.. kira bisa dapet ga yah mba..

    trims

  2. wow 1,2jt wajib ya tu? baru tau. trs kl ga diaPprove uangnya ilang?

    wah 5 tahun to berlakunya. tp max stay disana per visit brp lama ya? 6 bln kah?

    mhn infonya. trimssss

    • Iya mbak wajib di bayar, jadi kalo ga d approve uangnya ilang😦 biasanya kalo gak ada masalah kebanyakan di approve kok. visa turis berlaku untuk 5 tahun. setahu saya, visa berlaku 5 tahun jadi selama 5 th kita bisa bolak-balik ke negri Paman Sam bebas visa. Selamat ke USA ya…

  3. kebetulan aku mau ke texas ni emba bisa di bantu g?
    saya mau mengunjungi teman daya disana dan dan dia bersedia menjadi penjamin juga memberi surat undangan untuk saya tolong berikan informasinya

  4. Halo mbak erna. Perkenalkan. Nama saya : Subrata Sagala. Saya mau tanya ttg aplikasi visa usa. Tahun 2006 yang lalu, saya pernah mengajukan visa usa dgn tujuan Los Angeles tetapi sayangnya aplikasi visa usa saya ditolak oleh petugas kedubes amerika serikat di Jakarta tanpa memberitahukan alasan-2nya. Sudah uang hilang, visa ga dpt. Bisakah saya mengajukan aplikasi visa usa lagi, mbak? Dan apakah akan ditolak lg permohonan visa usa saya ini? Spy tdk ditolak, bagaimana caranya, mbak? Cz saya ingin menjenguk teman saya disana. Saya takut ditolak lg, mbak. Dapatkah mbak membantu saya??

    • Bisa, saya pernah baca juga dari blog orang yg ditolak dan kemudian apply lg n bs dpat visa.
      selamat mencoba lagi..

Leave a Reply

