Tadaima Hiroshima dan Pulau Miyajima

Tanggal 24 Oktober 2012 saya dan suami berangkat ke Tokyo naik Air Asia. Pesawat berangkat jam 08.35, transit di Kuala Lumpur 3 jam, dan baru nyampe di Haneda jam 23.00 (waktu Tokyo).

Thanks Airasia, Everyone can fly….

Kami menginap di Hotel Toyoku Inn Haneda. Kami memilih menginap di hotel ini karena dekat dengan bandara dan hotel tersebut menyediakan shuttle bus dari bandara menuju hotel. Kalau naik taxi mahal.

Sarapan pagi dengan menu paket yang sudah disediakan oleh hotel. Berbagai menu sederhana  ala barat dan Jepang tersedia. Kami sarapan mencoba mencicipi semuanya. Makan onigiri (nasi khas Jepang) dan juga makan roti. Ada minuman yang kami kira adalah es teh ternyata air kopi dingin dengan butiran es didalamnya sehingga dari luar tampak seperti es teh. Oya, orang Jepang biasa minum teh hijau tanpa gula .

Paginya kami check out dan pindah hotel di daerah Shin-Osaka.  Dari Haneda naik monorail menuju ke Hamatsucho Station (Karena belum menukar JR Pass, harus beli tiket 600 yen/orang, kalau pakai JR Pass naik monorail gratis)

Beli JR Pass

Selanjutnya kami menuju ke Shinagawa Station untuk menukar kuitansi dengan JR Pas yang asli sekaligus memesan tiket Shinkansen ke Shin Osaka Station.

Kami menginap di Hotel Via Inn Shin Osaka. Dalam peta, hotel sangat dekat dengan station, hanya berjarak  200 meter.  Setelah sampai di Shin Osaka station, kami keluar lewat pintu timur (east exit) dan  kami agak kebingungan mencari letak hotel karena di peta lokasi yang ada di depan station tidak ada denah hotel. Pada saat kami terlihat kebingungan membaca peta tersebut,  ada seorang Ibu muda sambil menggendong anaknya membantu kami mencarikan hotel, walaupun dia tidak bisa berbahasa Inggris tapi cukup ramah dan sangat membantu bahkan sampai menelpon ke hotel untuk mencari alamat.  Orang Jepang ramah-ramah ya… jarang menemukan orang seperti itu di Jakarta😉. Ternyata letak hotel sangat dekat dengan station tetapi ada di belokan jalan sehingga tidak kelihatan dan belum ada di peta lokasi karena hotel masih baru (baru 2 bulan)

Sampai di hotel, baru bisa check in jam 3 pm, sementara kami sudah datang jam 13.30, akhirnya kami nitip tas dulu  kemudian pergi ke Hiroshima dan Pulau Miyajima.

Hiroshima

Perjalanan ke Hiroshima dari Shin Osaka sekitar 1,5 jam dengan menggunakan Shinkansen.

Shinkansen-Hikari ke Hiroshima

Setelah sampai di Hiroshima,  kami naik trem bayar 220 yen sekali naik. Kalau  yang dikunjugi banyak, lebih worthed beli one day pass = 600 yen.

Trem di Hiroshima

Di Hiroshima kami hanya sempat mengunjungi beberpa tempat menarik, antara lain:

1. Atomic Bomb Dome

Monumen ini merupakan simbol harapan umat manusia untuk perdamaian dunia dan pemusnahan senjata nuklir. Bom atom yang dijatuhkan di kota Hiroshima, oleh Amerika Serikat pada 6 Agustus 1945, ini telah menewaskan sekitar 140.000 orang, di satu sisi membuat semangat tentara Jepang di seluruh dunia mengalami penurunan, di lain pihak, negara-negara jajahan Jepang justru memanfaatkan situasi ini untuk melakukan konsolidasi bahkan mempersiapkan kemerdekaan, seperti Indonesia. Kalau melihat monumen ini, sepertinya Jepang menderita sekali karena diserang bom atom dan menewaskan banyak korban, padahal jika tidak mendapat serangan bom atom, Jepang dengan sangat kejinya menjajah bangsa-bangsa lain, termasuk Indonesia😦

Berpose di Atomic Bomb Dome

2. Children‘s Peace Monument

Setelah melihat monumen ini, kami berjalan menuju Children‘sPeace Monument. Di sekitar monumen tersebut, terdapat rangkaian bangau kertas yang dibuat dalam warna-warni digantung dalam ruang-ruang kaca.  Di Jepang burung bangau adalah hewan yang dianggap suci.  Alkisah burung ini dapat mencapai usia 1000 tahun, sehingga dipandang sebagai lambang perdamaian dan umur panjang.

Origami berbentuk burung bangau dari anak-anak SD seluruh dunia yang berisi pesan perdamaian

3. Memorial Cenotaph for A-Bomb Victims

Kemudian kami berjalan menuju Cenotaph.  Di depan cenotaph, orang-orang memanjatkan doa bagi korban bom atom. Atomic bomb dome, kolam panjang, cenotaph terletak pada satu garis lurus.

Cenotaph for the A-bomb Victims

Berikut ini tempat menarik lainya di Hiroshima tetapi tidak sempat kami kunjungi antara lain :

1. Hiroshima Castle
  7.  Asa Zoological Park
  8.  Shukkeien Garden

Miyajima Island

Untuk mencapai Miyajima Island, dari Stasiun Hiroshima naik JR ke  Miyajimaguchi Sta sekitar 25 menit. Dari situ  jalan lewat underpass menuju Miyajimaguchi Pier, jaraknya sangat dekat hanya sekitar 5 menit. Kemudian naik Ferryboat sekitar 10 menit. (Kalau punya JR pass naik JR Ferry gratis)

Berpose di kapal menuju Pulau Miyajima

Di Miyajima Island ada beberapa tempat yang bagus untuk dikunjugi, tapi karena (lagi-lagi) keterbatasan waktu, kami hanya mengunjungi Itsukushima Shrine.

Itsukushima Shrine.

Shrine ini dikenal sebagai “floating torii gate”.  Shrine dan tori gate merupakan bangunan unik yang dibangun diatas air, dan tampak seperti mengapung di laut pada saat air pasang. Komplek bangunan shrine terdiri dari beberapa bangunan meliputi ruangan untuk sembahyang, ruangan utama dan panggung yang mana  satu sama lain terhubungkan oleh trotoar dan semuanya disangga oleh pilar di atas laut

4 thoughts on “Tadaima Hiroshima dan Pulau Miyajima

• Mbak, mau tanya kalo melakukan perjalan seperti yg mbak lakukan, ke hiroshima dr osaka itu pp, apakah mabk sudah tau jalan2 di sana? Soalnya saya takut gk cukup wkt gara2 kesasar nanti. Tapi syg juga kloa ke jepangnya lama tapi gak kebanyak kota..