Namaste, Kathamandu

Setelah satu bulan saya mengikuti short course di India, saya ditemani suami tercinta melanjutkan kunjungan pribadi ke Kathmandu, Nephal. Nepal (नेपाल), terletak di kawasan pegunungan Himalaya, adalah sebuah Negara terkurung daratan di Asia Selatan yang berbatasan dengan Republik Rakyat Tiongkok (Daerah Otonom Tibet) di sebelah utara dan India di sebelah barat, timur dan selatan*.

Untuk masuk ke Nephal diperlukan visa dan bisa visa on arrival di Bandara. Prosesnya cukup cepat bisa mengisi secara on line dan manual. Jika online, foto langsung dari computer yang tersedia untuk mengisi aplikasi online, jia mengisi manual harus membawa foto. Biaya Visa on arrival 25 USD.

WP_20150314_09_22_41_Pro__highres

Isi aplikasi VOA on line

3 Hari, 4 Malam di Nephal

Pesawat Air India AI 213 membawa kami ke Kathmandu, Nephal. Setelah 1,5 jam di udara tibalah kami di Trubhuvan, International Airport. Kathamandu. Setelah selesai urusan imigrasi dan ambil bagasi, kami keluar bandara untuk mencari penjemput dari hotel. Ternyata Hotel yang sudah kami pesan tidak menjemput dengan alasan kami tidak mengirimkan jadwal pesawat. Ya sudahlah males berdebat di telphone dengan petugas hotel. Akhirnya kami naik prepaid taxi dari bandara ke hotel bakcyard 700 NPS (sekitar 70 ribu)

Selama di Kathamandu kami menginap di Hotel Backyard. Hotel yang cukup murah, terletak di daerah Thamel yang merupakan pusat tempat wisata. Sepanjang Thamel banyak orang berjualan pasmina, syal yaak dan souvenir dengan harga yang cukup terjangkau.

Beberapa Interesting Places yang saya kunjungi selama 4 hari, 3 malam di Nephal :

Day -1

Kathmandu Durbar Square

Setelah rehat sebentar, sore hari kami berjalan-jalan ke Kathmandi Durbar Square. Cukup dekat denga hotel backyard sekitar 1,5 km so kami cukup jalan kaki. Sayangnya Kathmandu sangat berdebu dan kotor so kami harus menggunakan masker.

Kathmandu Durbar Square adalah alun-alun di depan istana kerajaan lama, Kathmandu Kingdom. Ini adalah salah satu dari tiga Durbar (istana kerajaan) Kuadrat di Lembah Kathmandu di Nepal, yang semuanya Situs Warisan Dunia UNESCO. The Durbar Square dikelilingi dengan arsitektur spektakuler dan jelas menampilkan keterampilan para seniman dan pengrajin Newar selama beberapa abad. Istana kerajaan awalnya di Dattaraya persegi dan kemudian dipindahkan ke lokasi Durbar persegi.

The Kathmandu Durbar Square memegang istana dari Malla dan Shah raja yang memerintah atas kota. Seiring dengan istana ini, alun-alun mengelilingi quadrangles mengungkapkan halaman dan kuil-kuil. Hal ini dikenal sebagai Hanuman Dhoka Durbar Square, nama yang diambil dari patung Hanuman, pemuja monyet Tuhan Ram, di pintu masuk istana*.

Harga Tiket masuk : NRs. 750.

DSC_0067

WP_20150314_15_36_07_Pro

 

 

 

 

 

 

 

 

Day- 2

Kami rental mobil dari Hotel untuk city tour ke Boudha, Pathan, Pashupati, Swoyambhu. Untuk rental mobil kami cukup merogoh kocek 40 USD atau 4000 NRs. untuk one day sight seeing. Berangkat dari hotel pukul 09.00 pagi dan kembali ke hotel pukul 19.00.

Boudhanath Stupa

Boudhanath Stupa adalah stupa terbesar di Nepal dan candi Budha Tibet suci di luar Tibet. Ini merupakan pusat kebudayaan Tibet di Kathmandu dan kaya simbolisme Buddha. Stupa ini terletak di kota Boudha 7 km dari Kathmandu dan dibangun pda abad ke-5 Masehi* Di sekitar Boudhanath stupa banyak orang berjualan souvenir dan resto dengan harga yang cukup terjangkau.

Harga tiket masuk ke Boudhanath stupa NRs. 250 untuk tourist asing.

DSC_0014

Boudhanat Stupa

Pasuphati

The Temple Pashupatinath, terletak di tepi sungai Bagmati, dianggap sebagai tempat paling suci di Nepal.

Pashupatinath, atau Pashupati, adalah candi Hindu di tepi Sungai Bagmati di Deopatan, sebuah desa 3 km sebelah barat laut dari Kathmandu. Ten=mple ini dianggap tempat paling suci di Nepal karena disekitar bagmati dilakukan proses pembakaran mayat. Hal Ini menarik ribuan peziarah setiap tahun dan telah menjadi terkenal jauh melampaui Lembah Kathmandu. Beberpa temple di area ini dilarang untuk non-Hindu, tetapi pandangan yang baik dari candi bisa didapatkan dari tepi seberang sungai*

Harga Tiket : Rs. 1000 untuk tourist asing

Patan Durbar Square

Patan Durbar Square terletak di pusat kota Lalitpur dan merupakan UNESCO Herritage. The Durbar Square adalah sebuah keajaiban arsitektur Newa. Lantai Square ubin dengan batu bata merah. Ada banyak kuil dan berhala di daerah. Candi utama sejajar berlawanan dari wajah barat istana*.

Harga Tiket masuk : Rs. 500

Patan Golden Temple

Terletak di utara Patan kuil Emas (Hiranyavarna Mahavihara) mungkin kedua atraksi yang paling populer di sini setelah Durbar Square. Candi ini dibangun pada tahun 1409 dan pada kenyataannya sebuah biara Buddha Newari*.

Harga Tiket masuk : Rs. 50

Swoyambhu

Swayambhunath (Devanagari: स्वयम्भूनाथ स्तुप; Bahasa Nepal: स्वयंभू, kadang-kadang diromanisasi Swoyambhunath) adalah kompleks agama kuno di atas sebuah bukit di Lembah Kathmandu, di sebelah barat kota Kathmandu. Hal ini juga dikenal sebagai Kuil Monyet karena ada monyet suci yang tinggal di bagian utara-barat dari candi.

The Swayambhunath Kompleks terdiri dari stupa, berbagai kuil dan kuil-kuil. Temple Situs ini memiliki dua jalur akses: tangga panjang dengan 365 langkah, yang mengarah langsung ke platform utama candi, yang berasal dari atas bukit di sebelah timur; dan jalan mobil di sekitar bukit dari selatan menuju pintu masuk barat daya*.

Pengalaman buruk kami pada saat naik dan turun dengan jalan yang berbeda, sehinggal kami hampir tersesat mencari sopir travel. Unfortunately kami belum beli nomor lokal Nephal yang ada hanya nomor HP India, sekali buat telp sopir langsung habis dan di telp pun tidak bisa. Sehingga kami harus jalan dari pintu turun dan naik lagi untuk mencari jalan yang sama pada waktu naik dan cukup melelahkan😦

Harga tiket masuk : NPs. 200

DSCN4479

 

 

 

 

 

 

Day-3

Nagarkot

WP_20150316_07_42_22_Pro

 

 

 

 

 

Terletak 32 km dari Kathmandu. Kami berangkat dari hotel pukul 05.00 menuju Nagarkot untuk melihat sunrise. Sayangnya cuaca tak bersahabat, mendung tebal sehingga kami tidak bisa melihat

Cangu Narayan Temple

Cangu Narayan temple terletak 22 km dari Kathmandu merupakan temple tertua di Kathmandu. Temple ini dihaiasi oleh beberapa spesimen terbaik dari batu, kayu, dan kerajinan logam di lembah. Candi ini berdiri sebagai lambang budaya, agama, sejarah dan iman lembah Kathmandu*.

Beberpa temple yang ada disekitar narayan temple :

  • Garuda Narayana Temple
  • Shrine of King Bhupalendra Malla and his mother
  • Krishna Shrine
  • Nateshvara Shrine
  • Sculpture of Sri Mahadev
  • Sculpture of Garuda
  • Shrine of Somalingeshvara
  • Sculptures: Vishnu, Durga Avalokitesvara and Garuda Ganesh
  • Ganesh Shrine
  • Bhagvati Temple
  • Vishnu Vikranta
  • Vishnu Vishvarupa
  • Lakshmi Temple Shiva Temple
  • Stone Column

Harga tiket masuk : NRs 100

Bhaktapur Durbar 

WP_20150316_10_29_45_Pro

WP_20150316_10_31_54_Pro

 

 

 

 

 

 

 

 

Merupakan alun-alun di depan istana kerajaan tua Bhaktapur Kingdom, 1400m di atas permukaan laut. Ini adalah salah satu dari tiga Kuadrat Durbar di Lembah Kathmandu di Nepal, yang semuanya Situs Warisan Dunia UNESCO*.

The Bhaktapur Durbar Square terletak di kota saat Bhaktapur, juga dikenal sebagai Bhadgoan, yang terletak 13 km sebelah timur dari Kathmandu. Sementara kompleks terdiri dari setidaknya empat kotak yang berbeda (Durbar Square, Taumadhi Square, Dattatreya Square dan Pottery Square), seluruh daerah secara informal dikenal sebagai Bhakapur Durbar Square dan merupakan situs yang sangat dikunjungi di Lembah Kathmandu*.

Harga tiket masuk : NRs : 1500

Kirtipur

Kirtipur terletak 8 km sebelah barat daya dari Kathmandu dan Newar kota kuno. Atraksi utama Kirtipur adalah Tribhuvan University-TU, yang terletak di kaki bukit. The Chovar, tempat yang sangat indah terletak dekat Kirtipur. Kuil Adinath, terletak di atas bukit, yang Chilamcho Stupa, kuil Bagh Bhairav, Uma Maheshwor kuil, didedikasikan untuk dewa Siwa dan Shri Kirti Bihara, Biara Budha juga atraksi utama Kirtipur. Kirtipur benar-benar tempat yang religius penting sejarah*.

Sayangnya sopir kami tidak tahu jalan menuju temple tersebut. Jadinya kami hanya mengunjungi vihara dan kuil Buha yang kecil-kecil.

WP_20150316_15_10_12_Pro

Day-4

Shopping

Sebelum pulang kami menyempatkan belanja di sekitar thamel. Banyak toko-toko di sekitar Thamel. harga Pasmina sekitar NRs. 500 dan Syal Yaak sekitar NRs. 700. Magnet sekitar NRs. 250. Kaos bertuliskan Nepal sekitar NRs. 400.

Kualitas barang rata-rata biasa aja tapi cukuplah buat oleh-oleh. Baju saree dan kurtis juga banyak di Nephal.

Makanan Nephal

Momo

 

 

 

 

 

Momo (pangsit) adalah salah satu hidangan yang paling populer Nepal yang dapat dimakan sebagai hidangan atau sebagai makanan pokok. Momo adalah pangsit diisi dengan daging atau sayuran.

Momo banyak di jual di pinggir jalan (food stall) maupun di resto besar. Untuk di food stall harga cukup terjangkau, 3 porsi momo cukup membayar Rps. 270

 

DSC_0148

DSC_0121

 

 

 

 

 

 

 

 

DSC_0130DSCN4436

 

 

 

 

 

DSC_0061

WP_20150315_12_57_22_Pro

 

 

 

 

 

* diambil dari berbagai sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s